Tongkrongan adalah Jalan Ninjaku


Nongkrong adalah kegiatan dimana kamu jongkok. Gadeeeeng wkwkwkwkw, Ya gue mau ngomongin soal kebiasaan masyarakat soal nongkrong. Nongkrong adalah budaya turun temurun dari Majapahit yang kala itu sedang gabut dan mulai ngajakin temen temennya kumpul dipinggiran atau ditempat yang gaenak enak banget. Mereka biasanya ngobrol atau melakukan hal hal menarik sperti, panjat tebing, angkat beban, dan lain lain… Ga gengs becanda wkwkwkwk. Ya anak muda juga orangtua kerap kali melakukan kegiatan ini, dan biasanya kalo lagi nongkrong itu gaada batasan umur. Dan selalu terjadi diskusi  diskusi singkat tentang banyak hal, entah itu politik, kehidupan, sekolah, keluarga, pacar, bokep, ya pokoknya banyak deh. Tapi ada di satu momen saat lagi nongkrong, bahan pembicaraan habis, rokok masih panjang, dan kata kata mulai menipis, ada momen dimana kalian diem dieman. Iya kan? Iya dong!. Gue ngerasa hal itu wajar karena akan dibuka dengan pembahasan baru, dan biasanya orang yang mulai topik adalah orang yang paling beda di tongkrongan itu. Gue barusan aja kumpul lagi di lokasi yang gue sayangi keberadaannya. Walaupun bukan seumuran gue, tapi disana nyaman banget cuy buat diskusi. Dan tadi terjadi hal hal seperti yang gue sebutin.

Ngomong ngomong soal nongkrong, gue rasa sejarah soal nongkrong ini panjang banget, dan yang memulai adalah para tokoh bangsa!. Kalo aja gaada kegiatan kumpul kumpul santai sambal ngopi dan ngerokok, mungkin gabakal men kita merdeka. Ya dimulai dari sana sih gue rasa ya…. Dan lambat laun ini jadi kebudayaan kita buat nongkrong. Orang kita tuh suka banget sama yang Namanya kumpul kumpul. Entah itu bermanfaat atau engga. Kalo ditanya bermanfaat apa engga ya kalo abis nongkrong pasti bilangnya ada, ngeles aja sih gue rasa itu. Tapi beneran cuy, nongkrong kadang memunculkan suatu gagasan baru atau ide baru atau juga kesimpulan diakhir. Walaupun gabanyak yang peduli dengan kesimpulan setelah selesai nongkrong, tapi itu yang gue rasa sangat perlu buat kita pahami dan nongkrong hanya sekedar nongkrong tanpa isi dan tujuan jelas.

Kebiasaan nongkrong terlihat jelas di kalangan pemuda SMA dan kuliah, budaya ini makin terjamah diumuran segitu ( mungkin? ). Dan yang gue herankan ya, sorry to say tai kalo anak tongkrongan di SMA tuh pasti punya ciri ciri… yang Pertama bajunya warna hitam. Yaelah yang bukan tongkrongan juga item kali.., engga sob baju hitam ini didominasi sama anak anak tongkrongan dan biasanya kaos kaos ini kalo ga polos ya baju hype gitu, malah biar lebih bergengsi pake kaos deus. Yang Kedua adalah anak anak ini biasanya ingin sekali menonjolkan jati diri mereka dengan bergerombol, ya mungkin karena semangat muda mereka ingin dipandang gerombolan mereka tuh apa. Ya semacam gengsi lah ya. Dan anak anak ini biasanya anak anak yang rebel, merasa paling keren, merasa kalo mereka beda keren. Ya padahal mereka semua sama. Ketiga anak anak ini biasanya pake motor kalo gak ya sport, vespa, vario (?), kalo gak ya motor custom gitu. Dan mereka pasti parkir di tempat yang sama dan mereka semua akrab sama abang yang jaga parkiran. Keempat kebanyakan dari mereka ngerokok dan ngevape, ya yang gue liat gitu ya. Dan setelah mereka lulus mereka bakal gondrong dan lain sebagainya menunjukan bahwa mereka telah bebas dari sekolah yang mereka sebut penjara. Siapa sih yang mulai trend ini tu siapa??

Penutupan. Ga semua anak tongkrongan jahat, banyak yang baik. Dan gue ga bilang stereotype seperti itu buruk, tidak. Dan gue rasa anak anak ini punya prinsip hidup yang cukup aman kalo mereka hidup di masyarakat. Sekian terima ginjal



Comments

Popular posts from this blog

HTS Bikin Pusing?!!

Hari 20

LDR Tuh Jauh!!!